About Me

My photo
I want to die with my forehead on the ground, The sunnah in my heart, Allah on my mind, Quran on my tongue and Tears in my eyes ♥ Ameen..My Name is Riki

Monday 13 February 2012

GINJAL DAN PETERSELI/PERSLEY (DAUN SUCI YUNANI)


Salam teman-teman, Alhamdulillah yah, sebagai mahluk hidup kita merupakan mahluk yang sempurna, Allah S.W.T telah menciptakan kita dengan begitu luar biasa sempurna dan sangat compleks. Banyak hal dari diri kita yang sangat patut untuk kita syukuri, contoh kali ini saya akan membahas menganai salah satu bagian dari dalam tubuh kita yang fungsinya sangatlah vital, yaitu GINJAL. Yup Manusia memiliki sepasang GINJAL  yang terletak dibelakang perut, tepatnya di kiri dan kanan tulang belakang di bawah hati dan limpa. Bentuk Ginjal sekilas mirip sekali kacang mete melengkung. Nah tahukah kamu apa itu GINJAL? Ok singkat saja, Ginjal merupakan organ ekskresi atau pembuangan yang berfungsi menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urin (air seni). Sebagai system pembuangan ginjal memiliki tugas penting, yaitu; mengatur keseimbangan cairan tubuh, eletrolit, dan asam basa, ginjal juga akan membuang sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh, mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang.
Mengingat GINJAL sangatlah vital untuk kesehatan kita, maka kita haruslah perduli akan kesehatan ginjal kita. Kamu tahu ga? Semua orang dapat terkena penyakit GINJAL, ini menakutkan karena penyakit ginjal sering sekali tidak terasa oleh badan karena sama sekali sering tidak terasa adanya keluhan, bahkan ada juga yang mengalami penurunan fungsi ginja hingga 90% tanpa adanya keluhan sakit sedikitpu, so kita haruslah waspada sejak dini. Kenali kesehatan ginjal kamu dengan cara memperhatikan air seni kita saat buang air kecil, Apabila terdapat perubahan jumlah kencing, atau terdapat darah dalam air kencing, bengkak pada kaki atau pergelangan kaki, rasa lemah serta sulit tidur, sakit kepala, bahkan terasa mual dan muntah maka segeralah anda memeriksakan diri anda ke doctor dengan melakukan tes urin terutama apabila anda memiliki anggota keluarga yang memiliki darah tinggi, diabetes dan jantung. Dalam tes urin, jika ada kandungan protein atau darah dalam air kencing tersebut, maka menunjukkan kelainan dari ginjal.

Nah untuk menjaga agar ginjal kita selalu sehat, sebenarnya simple aja, kita harus menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti berhenti MEROKOK, dan juga memperbanyak minum air putih, minimal 2 litter sehari. Tapi jangan salah kebanyakan minum pun malah tidak bagus juga buat kesehatan Ginjal kita (Dr.David Manuputty, SpBU dari RSCM Jakarta.),jadi harus mencukupi, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bukan J.Sesungguhnya Allah Tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan( Al-an’am 141)
Ginjal kita selama bertahun-tahun melakukan tugas yang sangat berat, menyaring darah dengan membuang garam, racun dan segala zat  zat yang tidak diinginkan yang memasuki tubuh kita. Seiring dengan berjalannya waktu, semampuan metabolisme kita pun kerap menurun, dan kemampuan Ginjal kita pun dapat menurun akhirnya ginjal tidak dapat bekerja dengan maksimal dan berakibat pada penumpukan  garam sehingga kita memerlukan perawatan pembersihan ginjal.
Pembersihan ginjal dapat kita lakukan dengan cara tradisional, yaitu pertama-tama ambil seikat PETERSELI (rempah semacam seledri import) lalu cucilah sampai bersih, kemudian dipotong kecil-kecil lalu masukan kedalam panic  dan tuangkan  air bersih lalu didihkan selama sepuluh menit. Setelah mendidih diamkan hingga dingin lalu saring dan masukan kedalam botol lalu simpan didalam lemari es. Minumlah setiap hari sebanyak satu gelas, maka insyaalah kita akan merasakan perbedaan dan kita akan melihat semua kotoran garam dan racun lainnya keluar bersama air seni kita saat buang air kecil, dan kita pun akan merasa lebih sehat dan segar. CATAT bahwa PETERSELI telah dipercaya sebagai herbal terbaik untuk membersihkan ginjal.
Dr. Denice Moffat, ahli nutrisi dari American Naturopathic Medical Association, mengatakan, peterseli merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia, selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage, dan bubuk cabai merah. 
Selain dapat membersihkan Ginjal, tanaman itu bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti anemia, gangguan pencernaan, liver, tekanan darah tinggi, kolesterol, paru-paru, hormonal perempuan atau gangguan menstruasi, gangguan penglihatan, batuk, demam, dan bau mulut. 
Peterseli mengandung banyak nutrisi, diantaranya, tinggi akan zat besi, kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, antioksidan, zat anti bakteri, serta vit A, B12, dan C.
Tapi ingat jangan mengkonsumsi Daun Suci Yunani ini dengan berlebihan, karena kandungan minyaknya bersifat racun, jadi wanita Hamil dan Menyusui tidak di anjurkan mengkonsumsi sayuran ini. Semoga bermanfaat yah..Aku juga minum loh J.

SUMBER:

No comments:

Post a Comment